dunia maya, atau nyata?

Standar

tiba-tiba kepikiran tentang internet, social media, dan blog. tentang globalisasi.

saat ini banyak orang yang tidak bisa lepas dari semua hal tersebut (termasuk aku). dari friendster, facebook, twitter, myspace, blogger, wordpress, tumblr, web pribadi, segala macam itulah. tempat dimana kita bisa menceritakan tentang kehidupan kita ke orang banyak. secara tidak sadar, kita sebenarnya “menelanjangi diri sendiri” untuk kemudian dapat dilihat oleh orang lain. ada yang bilang bahwa disini banyak orang menunjukkan karakter asli mereka. apa yang mereka ucapkan, ya itulah kenyataannya. tapi ada juga yang memanfaatkan teknologi ini untuk menjadi seseorang seperti yang mereka inginkan. karakter yang tak bisa terwujud di dunia nyata.

aku jadi inget salah satu cerita di komik “Detective School Q” saat Kyu, Ryu, dan Meg dikirim ke sebuah SMA ber-asrama yang memiliki kasus tentang teror di dalam internet. di dalam cerita itu ada sebuah murid yang bernama Kuniko Toya. dia adalah anak pendiam yang tidak punya banyak teman. berbeda dengan Emina Ogura, gadis supel yang disukai oleh semua orang. Toya sangat ingin menjadi orang seperti Emina. dan impian itu dapat terwujud di dalam internet. Dia berpura pura menjadi emina dengan nama anime, anagram dari emina.
Pesenku, jangan langsung menilai seseorang jika kau hanya mengenalnya dari dunia maya. Jangan pula dari perkenalan singkat dunia nyata. Berkenalanlah dengan hati yang terbuka akan semua kemungkinan secara mendalam dan personal. Itupun kalau orang tersebut memang mau membuka siapa dirinya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s