Monthly Archives: November 2012

Kampus Saat Ini (Part 2-Organisasi)

Standar

Sekarang cerita tentang organisasi. organisasi itu jiwanya kampus dan jiwanya mahasiswa. dari awal masuk pasti kita pernah dikasih wejangan jangan mau jadi mahasiswa kupu kupu (kuliah-pulang) dan cuma kenal K3, yaitu kos, kampus, kantin. jadi mahasiswa itu waktunya mengeksplor diri, mengembangkan diri dan mengembangkan orang lain.

belajar itu nggak cuma tentang akademik, tapi juga belajar soft skill. belajar ngebagi waktu, mimpin, kritis, ngomong di depan orang, mahamin orang lain, berfikir terbaik dan melakukan hal yang terbaik.  dulu waktu mau berangkat LKMM Dasar, ada nasihat yang sampe sekarang masih keinget. belajar itu seperti bernafas. kamu nggak akan bisa terus menerus menghirup udara tanpa menghembuskannya. dan ilmu juga seperti udara. kamu nggak bisa belajar sebanyak-banyaknya dan menyimpannya untuk dirimu sendiri. bagilah kepada orang lain.

di kampus ini ada beberapa organisasi yang ada. baik eksternal maupun internal. baik bertahap se universitas maupun di lingkup jurusan.  dan kali ini aku mau cerita tentang yang ada di dalam jurusan aja karena udah lama aku nggak update sama dunia luar. hehe

Read the rest of this entry

Kampus Saat Ini (Part 1-Kaderisasi)

Standar

setahun ini aku ngerasa ada banyak hal yang berubah di kampusku. dari organisasi, mahasiswa, pengkaderan, kebijakan, sampai birokrasi. coba mahamin satu-satu yuk. tapi sebelumnya maaf kalo terkesan subjektif, ini adalah hasil pengamatan dan diskusi kecil dengan teman-teman.

 

pengkaderan

dulu, kampusku terbiasa dengan pengkaderan satu tahun. mahasiswa baru akan dikader dan dibimbing oleh senior 2 tahun di atasnya. akhir dari pengkaderan ini adalah pelantikan yaitu diterimanya mahasiswa baru sebagai keluarga besar. pelantikan ini juga tercantum di buku kaderisasi baik universitas maupun fakultas sebagai bagian dari alur kaderisasi dan syarat untuk mengikuti organisasi dan alur selanjutnya. pembimbingan ini berisi beberapa materi yang disesuaikan dengan maba yang ada. memang ada beberapa tradisi yang ada, tetapi pelaksanaan akan disesuaikan dengan inputnya.

Read the rest of this entry

Pulau Panjang

Standar

image

hari sabtu kemaren, 24 November 2012, Mapateksi ngadain survei buat acara Serah Terima Jabatan (STJ). beda kaya sebelumnya yang di gunung atau air terjun, STJ kali ini kita mau ke pantai, dan pilihannya jatuh ke pulau panjang. berhubung weekend kemaren aku nggak punya rencana, akhirnya aku ngikut survei.  selain emang nganggur, aku kangen ke pantai, terutama pulau panjang.

Read the rest of this entry

Sipil in Action (Silicon)

Standar

hari jumat kemaren, teknik sipil ngadain acara silicon. ini adalah silicon kedua. silicon diadain setelah ujian, harusnya setelah UTS sama UAS, tapi kemaren yang setelah UAS nggak jadi terlaksana. silicon ini sendiri punya tujuan buat ngehibur mahasiswa setelah ujian yang bikin capek dan stress, biar mahasiswa punya wadah buat refreshing, nyalurin bakat sekalian kumpul bareng.

seperti biasa, silicon dimeriahin sama mahasiswa sipil yang punya banyak bakat dari semua angkatan, ada acapela, akustikan, stand, bahkan sampai shuffle dance. dan lagi lagi TBK band tampil. kali ini TBK nggak cuma berempat. kita dapet bantuan vokalis, yaitu Gio. dan tambahan anggota ini bukannya bikin TBK makin waras, tapi jadi makin rusuh.

disini TBK nampilin 3 lagu. ada our roots dari TTATW, medley one thing sama what makes you beautifullnya one direction, sama ABG tua. seperti biasa, TBK selalu bagi-bagi hadiah kalo perform. dan kali ini hadiahnya kaos. berhubung ada hadiah dan lagunya dangdut,  rusuhlah para penontonnya. anak-anak yang mayoritas 2012 pada joget dan berebut waktu kaosnya dilempar. pak kajur sama pak priyo sampe geleng-geleng ngeliat mahasiswanya. hahaha.

Read the rest of this entry

jeng jeng lagi :)

Standar

pengen cerita hasil jalan-jalan kemaren itu ah. tapi sayang nggak banyak motret gara-gara batre handphone yang terbatas.

 

hari kamis.

harusnya hari kamis ini hari terakhir aku KP. tapi karena pak Danur bilang aku nggak usah berangkat, jadi aku ditinggal deh. trus tiba-tiba inget kalo mas sempet ngajak buat jalan-jalan. setelah sempet terjadi kehebohan dan ribet, akhirnya aku dianterin ke jalan, ngangkot, trus ngojek ke MM buat ketemuan.

dari sana kita rencana ke Taman Ismail Marzuki buat ke planetarium. setelah bingung mau lewat mana, nyasar beberapa kali, akhirnya kita sampe juga di TIM. dan waktu itu pas lagi rame banget. karena takut kehabisan tiket, aku mas rudi sama mas cil turun duluan buat beli tiket.

kita bertiga buru-buru dong. tapi apa yang kita lihat di pintu? pengumuman kalo planetarium tutup karena ada cuti bersama. Oh No! berjam-jam kita muter-muter dan ternyata planetariumnya tutup.

kaya gini nih pengumumannya, tapi tanggalnya beda

akhirnya kita lanjut jalan ke taman menteng karena udah bingung mau kemana. waktu lagi muter-muter, eh ada beberapa orang yang lagi nari betawi dan direkam entah buat apa. aku langsung duduk manis disitu sampe mereka bubar dan jadi ditinggal anak-anak. hehe

di jalan mas nanya, itu tadi tari apa. berhubung aku nggak tahu, akhirnya aku tanya mbah google sama om youtube. tapi nggak dapet juga ini tari apa. hehe.

berhubung sempet ada tawuran di sana, kita langsung bubar jalan, cabut ke rumah mas prima. ngobrol-ngobrol bentar trus makan malem pake seafood yang porsinya gila-gilaan. baru deh balik ke tempat masing-masing.

 

hari jumat

ini dia joglo and friends goes to Jakarta. haha. kita semua setuju buat ketemuan di citos. aku bareng sama geng bekasi yaitu mas randy, kiki, eiger, mas rudi, mas cil. mas prima udah duluan dianter sama bapaknya trus dijemput ipat. ada juga bagas, mas mukthy, sama nova.

anak-anak cowo sekalian jumatan disana, dan habis itu kita kejebak hujan deres dan baru bisa keluar sekitar jam setengah 2. dari situ kita cus ke rumah mbak lili. dan kita disuguhin pempek sama jus mangga kentel yang mantep abis. sekitar jam setengah 4 kita ke stasiun senen buat njemput mas kresna.

habis itu, kita semua ke monas. dan begitu sampe aku langsung penasaran sama suara-suara dari toa dan banyak orang yang nggerombol. dan ternyata ada semacam sulap gitu. tapi begitu sulapnya berubah jadi debus, kita langsung kabur kecuali mas kresna sama mas rudi yang masih betah aja disitu.

aku, kiki, mas randy, mas prima, mbak lili, ipat niatan nyewa sepeda, daripada pegel jalan kaki muterin monas. tapi akhirnya kita jadinya pinjem becak. harusnya sih cuma muat 4-5 orang. cuma karena kita brutal, tu becak dinaikin sampe 8 orang. 3 di kursi depan, 3 di kursi belakang, 2 di belakang.

kelar muter-muter di monas, kita pindah tempat ke es krim ragusa. dan lagi-lagi kita bikin rusuh disana. berhubung kita banyak, jadi kita narik-narik kursi seenaknya. eh pas lagi pesen anak-anak pada cabut jadi tuh kursi kosong. dan sama yang jual udah mau ditarik ke tempat lain karena toko lagi rame. haha.

begitu selesai makan es krim, kita buru-buru cabut nggak pake ngobrol ngalur ngidul kelamaan (udah diusir soalnya). kita langsung pindah tempat ke plasa festival buat main bowling. awalnya aku nggak ikut karena aku udah nyantol duluan di toko buku sebrang tempat bowling jadi nggak ikut daftar. tapi karena mbak lili udah keburu laper dan capek, akhirnya aku yang nerusin main (dan strike di percobaan pertama *bangga)

sebenernya habis itu anak-anak lanjut makan dimsum, cuma berhubung aku masih harus ngambil kunci di mbak kos, nggak enak kalo pulang tengah malem, jadi aku cabut duluan deh.

 

itu liburanku, gimana liburanmu?

 

 

 

 

tanya jawab seputar himpunan dan biro

Standar

pagi ini mas sms, tentang organisasi. trus jadi muncul tanya jawab baik nyata maupun imajiner di otak. aku coba inget-inget dan tulis ya 🙂

 

Q : kita kan ikut organisasi buat belajar, kenapa harus ada seleksi?

A : karena wadahnya nggak selalu muat. dan lagi tergantung sama organisasi itu sendiri. kalo visinya bikin orang belajar organisasi mungkin bisa tanpa seleksi semua masuk. kalo memang pengen ada yang dicapai ya diambil yang sesuai dengan kebutuhan dong. biar koordinasinya juga gampang

 

Q : kenapa himpunan kita nggak dibuat eksklusif aja, jadi bener-bener orang terpilih yang bisa masuk

A : ntar kita maunya cuma orang terbaik dong. entar biro nggak dapet orang gimana? trus regenerasinya gimana? mereka kan nggak tiba-tiba jadi hebat.

 

Q : sistem magang kan semua diterima ya, apa himpunan nggak jadi penuh? koordinasinya apa nggak susah?

A : kan kita mau ngajarin mereka biar jadi organisator yang baik. kenapa nggak diapresiasi semangat mereka? toh mereka lagi semangat-semangatnya buat belajar. waktu mereka juga lebih lega dibanding senior-seniornya yang sok sibuk. hehe. koordinasi itu tergantung orang yang ngehandle. kalo dia jago, pasti koordinasinya baik 🙂

 

Q : kenapa proker tahun kemaren kadang nggak dilanjutin. peernya juga nggak dikerjain

A : itulah pentingnya ketemu antara pengurus baru dan lama. yang baru jangan malu buat tanya. yang lama jangan pelit ilmu dan nganggep adeknya udah pinter semua

 

Q : kenapa himpunan terkesan lebih wah? kalo gitu kan biro lain jadi mati. paling cuma beberapa yang terlihat.

A : wah, itu jadi bahan renungan. mungkin himpunan terlihat lebih wah karena yang punya paling banyak proker. pengurusnya juga paling banyak. ngabisin banyak tempat juga. tapi kita ini juga mengupayakan biro lain jadi maju. biar sama-sama eksis dan terus ada regenerasi

 

Q : sebenernya gimana sih yang dimaksud ngrangkul semua angkatan? apa semuanya harus masuk himpunan?

A : oo, tentu tidak seperti itu. nggak semua orang suka organisasi. tapi mereka juga punya kebutuhan. nah sebagai pengurus, kita harus tahu apa mau mereka dan gimana merealisasikannya dengan baik dan tetap sesuai koridor.

 

ah, udah capek. segini dulu ya tanya jawabnya. kapan-kapan dilanjut lagi 🙂