Indonesia Berkibar

Standar

Suatu hari, seorang bijak pernah berkata kepada saya “Mencerdaskan kehidupan bangsa, harusnya jadi sebuah gerakan, bukan program pemerintah. Kalau program pemerintah, yang mengerjakan ya cuma pemerintah. Kalau gerakan, maka kita semua yang ikut berperan. Terbayang tidak kalau mempertahankan kemerdekaan adalah program pemerintah?”. Saya tertawa membayangkan, lalu minta ijin kepada beliau untuk menjadikannya sebagai sebuah bit stand-up comedy
Orang tersebut adalah Pak Anies Baswedan.
Dalam Stand-Up saya Merdeka Dalam Bercanda saya bicara banyak tentang pendidikan karena setelah saya mengamati banyak hal tentang Indonesia, baik masalah maupun potensi, saya sadar bahwa kunci dari perbaikan di Indonesia adalah: Pendidikan.
Pendidikan Indonesia, masih menjadi perhatian utama saya karena sejak sekian lama, ini hanya jadi program pemerintah bukan gerakan bersama. Namun ini berubah dengan sebuah gerakan besarkerjasama pemerintah, swasta dan masyarakat bernama INDONESIA BERKIBAR
Terus terang ketika saya mempelajari, saya merinding sendiri melihat besarnya gerakan ini dan luasnya kerjasama. Nama nama dibaliknya adalah nama nama hebat yang saya percaya kompeten untuk menjalankan gerakan ini.
Gerakan ini fokusnya pada peningkatan kualitas sekolah, terkait dengan 3 hal
1. Peningkatan kualitas guru
2. Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Sekolah
3. Tata Kelola Sekolah
Intinya, good governance dalam institusi pendidikan.
Saya peduli kepada pembentukan individu, karena itu saya peduli kepada kualitas institusi penddikan. Terutama karena sekolah adalah tempat pembentukan individu yang dibutuhkan Indonesia untuk bisa membangkitkan Indonesia. Anak anak ada banyak di Indonesia, tapi anak anak berkualitas mungkin bisa dihitung. Boss ada banyak tapi tidak semua pemimpin.
Indonesia tertabrak banyak masalah dalam dunia pendidikannya
Nah berkaitan dengan pendidikan, ada faktor dalam pendidikan yang terkait dengan hal yang harus kita miliki untuk punya individu yang mampu mengubah dunia: pendidikan yang membantu menemukan anak anak dengan minatnya.
Sistem pendidikan Indonesia secara umum, tidak melahirkan orang orang kritis dan berkarya tapi orang orang nurutan yang jadi pekerja. Padahal, orang yang mendedikasikan hidupnya dalam suatu bidang adalah pasti karena dia mencintai bidang tersebut.
Tentu banyak pekerjaan rumah yang harus diperbaiki, tapi merasa bahwa Indonesia tiada potensi adalah sebuah bukti bahwa kebodohan dan ketidak pedulian bisa membutakan. Kita punya potensi, dan luar biasa besar potensinya. Kita hanya perlu 3 hal yang selama ini tidak kita miliki
Kepercayaan diri, ini bicara mental
Kemauan, ini bicara keberanian untuk bermimpi
Dan Pemimpin, untuk mensinergikan dan menjadikan perjuangan perjuangan banyak orang ini bersatu dan jadi perjuangan yang lebih besar lagi
Tiga hal ini, dibentuk dalam institusi pendidikan. Sedemikian pentingnya Indonesia Berkibar.
Ketika perang, simbol kemenangan adalah ketika bisa mengibarkan bendera di tanah lawan.
Sekarang, kibaran bendera tersebut adalah prestasi.
Seperti kibaran bendera Merah Putih yang dibentangkan Bambang pamungkas di Malaysia ketika dia jadi topscorer dan timnya juara liga Malaysia pada tahun pertama Bepe di sana.
Seperti kibaran prestasi pelajar Indonesia di berbagai olimpiade sains dunia.
Semua ini, awalnya dari pendidikan.
Majukan pendidikan Indonesia, dan nantikan Indonesia Berkibar

(dari pandji.com/berkibar/)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s