sedikit obrolan

Gambar

assalamu’alaikum kawan

hari ini obrolannya berat lagi nih, filosofi. yang cethek aja tapi. hehe

jadi gini ceritanya. hari ini aku ke kantor tempat aku KP yang di bekasi. ceritanya mau ada meeting antara kontraktor, konsultan, sama owner. dan jadi ketemu pak ardi (salah satu petinggi Promatcon) setelah sekian lama nggak ketemu. pada dasarnya pak ardi suka cerita, dan hari ini beliau cerita tentang pandangannya terhadap hidup.

“apa sih yang paling penting di hidup ini? yang paling penting adalah waktu. kalo kamu bisa ngelola waktu, gunain hal itu untuk tiga hal. yang pertama adalah kesehatan, kedua adalah kebahagiaan, dan yang ketiga adalah uang. sisanya adalah istirahat. jangan kamu bolak-balik. sekali kamu puter, langsung kacau”

dan aku langsung keinget beberapa tahun yang lalu, entah kelas dua atau tiga SMA. aku dan beberapa temenku ikut les kelompok. guru lesnya namanya mas Bambang, mahasiswa S2 Teknik Kimia Undip. walaupun kuliah di teknik, tapi mas bam seneng banget sama yang namanya filosofi dan psikologi. dan beliau belajar ini semua secara otodidak. bahkan ada satu rak di perpus Widya Puraya yang udah hampir semua bukunya udah dibaca. aku sempet tertarik sama filosofi gara-gara mas bam. dan pernah baca buku judulnya “Dunia Sophie”, semacam penghantar filosofi.

waktu itu pernah, aku les sendirian gara-gara temenku punya urusan masing-masing. berhubung aku dan mas bam lagi sama-sama males belajar, setelah setengah jam kita ngerjain soal, kertas-kertas pun udah ganti dengan coret-coretan gambar mas bam dan obrolan kita udah bergeser dari pelajaran.

mas bam nggambar sebuah jam. “kamu tahu ini apa?”. “jam mas”. “kamu bisa beli jam?”. “bisa”. “kalo waktu, kamu bisa beli nggak?”. “nggak bisa lah”. “nah, inilah hal yang paling berharga di hidup”. dan kemudian mas bam cerita tentang pentingnya waktu, apa yang harus kita lakuin, tentang cara bahagia, tentang keikhlasan, hampir sama persis dengan yang pak ardi ceritakan beberapa jam yang lalu. yang membedakan adalah mas bam belajar secara otodidak dengan pemahamannya sendiri, sedangkan pak ardi memang belajar di amerika.

“coba lo pikir. kita kerja kaya gini, kita bikin rencana gimana caranya biar ni kerjaan bisa lancar. tapi pernah nggak lo ngluangin waktu 10 menit aja buat ngrencanain hidup lo? itu yang gue suka bingung sama orang. mereka selalu bilang let it flow aja, males sama perubahan. ya kalo emang kejadiannya berubah, lo harus bisa adaptasi lah. rubah juga rencana yang lo punya. simple kan?”

“gue juga nggak percaya kalo ada hal yang nggak mungkin. Impossible is I’m Possible. orang itu sebenernya bukan nggak bisa, cuma begitu mentok males buat mikir gimana kelanjutannya”

“hal yang nggak pernah berubah sebenernya cuma ada tiga. Tuhan, waktu, dan perubahan itu sendiri. berhubung gue nggak percaya sama konsep yang pertama, gue cuma setuju kalau ada dua hal yang nggak akan pernah berubah. waktu, dan perubahan”

dan aku jadi sadar, mereka berdua sama-sama nggak percaya Tuhan.

Tinggalkan Balasan

