Belajarlah selagi bisa (part 2)

Standar

dulu waktu SMP SMA emang masih kuper banget. temen palingan cuma yang sekelas aja. jarang sosialisasi, apalagi ngembangin yang namanya soft skill. nah, begitu lulus SMA dan mau masuk kuliah, aku udah punya tekat buat jadi mahasiswa yang aktif dan ikut organisasi. minimal orang-orang tau siapa sih yang namanya ratna manik pratiwi itu. pokoknya pengen eksis dan pengen belajar PD

awal masuk, waktu PMB niatku udah aku tanem baik-baik dan siap buat dipraktekin. begitu ada kesempatan buat ngomong di depan, langsung deh kusamber. kalo nggak salah waktu itu nyebutin atribut apa aja yang harus kita pake buat di cek bareng-bareng. setelah itu ada kesempatan lagi buat jadi panitia LT, langsung daftar juga. ada oprek ini itu, langsung daftar. SKSD sama orang, ngajakin ngobrol, bantu sana-sini, yang penting keliatan aktif. haha. dan karena itu juga dipaksa 2007 buat jadi wakomting angkatan waktu ada reshuffle kepemimpinan *kepedean. hahaha.

disini juga mulai banyak nimba ilmu tentang soft skill. belajar ngomong di depan umum, mimpin diri sendiri dan orang lain, manage waktu, ngelobi orang, dan juga belajar sabar secara nggak sadar. awalnya dari LKMM Pra Dasar yang wajib diikutin sama semua mahasiswa. lanjut ikut Leadership Training. lanjut lagi LKMM Dasar. ada kelas PSDM, ada nyuri-nyuri ikut materi waktu jadi panitia Sekolah Kader Bangsa, pokoknya berusaha menyerap semua ilmu dan bikin relasi disana sini (walaupun sekarang kewalahan ngejaga).

organisasi juga dicoba. tahun pertama ikut Mahasiswa Pecinta Alam Teknik Sipil (Mapateksi) (sampe mati disini), Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) di bidang akademik, di tengah tahun juga ikut Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro (BEM KM UNDIP) di Departement PSDM. tahun kedua, BEM KMnya dilepas dengan pertimbangan tugas udah makin banyak dan persiapan buat nyambut angkatan 2011, tapi di HMS pindah ke bidang PSDM. tahun ketiga kuliah ini (sekarang) pindah lagi jabatan HMSnya, jadi litbang buat bidang Minat Bakat sama Eksternal.

di kuliah ini juga mulai ada hobi buat main ke tempat lain (walaupun kebanyakan karena tugas dari organisasi yang aku ikutin). dari sekedar kunjungan antar jurusan seteknik buat sharing tentang PSDM dan Himpunan; kunjungan antar fakultas se Universitas buat dengerin aspirasi mereka; main ke Universitas lain buat membandingkan dan belajar biar Himpunan jadi lebih maju; main ke Mapala lain buat kenalan, atau pinjem barang, atau buat dikerjain sama anak sana sebagai welcoming party; ikut panitia Forum Pecinta Alam Semarang (FORPAS); jadi wakil dari jawa tengah buat acara Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) regional Jawa Timur; dan sekarang lagi ngrencanain buat FKMTSI Jawa Tengah.

banyak ilmu disini, dan aku menikmatinya, dan belajar mengaplikasikannya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s