Kampus Saat Ini (Part 2-Organisasi)

Standar

Sekarang cerita tentang organisasi. organisasi itu jiwanya kampus dan jiwanya mahasiswa. dari awal masuk pasti kita pernah dikasih wejangan jangan mau jadi mahasiswa kupu kupu (kuliah-pulang) dan cuma kenal K3, yaitu kos, kampus, kantin. jadi mahasiswa itu waktunya mengeksplor diri, mengembangkan diri dan mengembangkan orang lain.

belajar itu nggak cuma tentang akademik, tapi juga belajar soft skill. belajar ngebagi waktu, mimpin, kritis, ngomong di depan orang, mahamin orang lain, berfikir terbaik dan melakukan hal yang terbaik.  dulu waktu mau berangkat LKMM Dasar, ada nasihat yang sampe sekarang masih keinget. belajar itu seperti bernafas. kamu nggak akan bisa terus menerus menghirup udara tanpa menghembuskannya. dan ilmu juga seperti udara. kamu nggak bisa belajar sebanyak-banyaknya dan menyimpannya untuk dirimu sendiri. bagilah kepada orang lain.

di kampus ini ada beberapa organisasi yang ada. baik eksternal maupun internal. baik bertahap se universitas maupun di lingkup jurusan.  dan kali ini aku mau cerita tentang yang ada di dalam jurusan aja karena udah lama aku nggak update sama dunia luar. hehe

di jurusanku sendiri ada 1 himpunan yang punya 8 bidang. akademik, ristek, minat bakat, kesejahteraan mahasiswa, PSDM, internal, eksternal, kewirausahaan. ada juga 5 biro. mapateksi, al ikhwah, KSAKS, konsolidasi, BPPS. selain itu juga ada beberapa UKM seperti futsal, basket, badminton, dll. kita mulai dari yang paling sederhana sampai ke yang kompleks yaa.

 

UKM

UKM yang ada disini ada banyak. emang nggak semua olahraga dan seni ada, tapi paling nggak bisa memfasilitasi minat mahasiswa. ukm ada di bawah pengawasan bidang 3 yaitu minat dan bakat. tapi bukan berarti pengelolanya langsung dari bidang 3. mereka memiliki susunan dan jadwal sendiri yang menyesuaikan dengan anggota yang ada. bidang 3 memastikan bahwa ukm tersebut lancar dan siap membantu jika ada kendala

 

BIRO

utuk dua biro ini cukup besar dan stabil. selalu adem ayem dan sejahtera

Mahasiswa Pecinta Alam Teknik Sipil (Mapateksi)

ini adalah biro yang aku ikuti. Mapala ini berdiri sejak 25 Juni 1977 dengan keanggotaan seumur hidup. identitas anggotanya adalah slayer merah dan jaket orange. nggak jauh berbeda dengan mapala lain, disini mengedepankan kekeluargaan yang tinggi serta berkegiatan di alam. acara rutin yang ada yaitu pendidikan untuk mencari anggota baru, pendakian, penanaman, pelatihan, serta pengabdian.  mapateksi punya beberapa divisi yang bisa berubah sesuai kebutuhan dan anggota yang ada. dan aku dulu masuk di divisi pendidikan dan pelatihan (diklat) yang bertanggung jawab tentang pendidikan apa saja yang harus diberikan kepada calon anggota yang ada. selain itu ada juga mountaineering, lingkungan hidup, caving, rock climbing, arus deras, jurnalistik. o iya, besok tanggal 1-2 Desember kita mau ngadain serah terima jabatan di pulau panjang.

Al-Ikhwah

dari namanya aja udah ketebak kalo ini biro rohis. disini ada beberapa departemen. dari syiar, annisa, hrd, mentoring, sampai ekobis. kegiatan rutin al-ikhwah antara lain kajian, tafakur alam, pesawat (semacam pesantren kilat), bakti sosial, dll. acara mereka kebanyakan diadakan untuk umum, jadi siapapun bisa lebih memperdalam ilmu agama Islam tanpa harus masuk ke dalam organisasinya.

untuk 3 biro berikutnya sedang kembali dirintis karena dulu pernah vakum karena nggak ada regenerasinya. doain cepet stabil ya.

Kelompok Studi Aplikasi Komputer Sipil (KSAKS)

biro ini berkutat dengan software yang berhubungan dengan ilmu teknik sipil. mereka juga nyediain beberapa kursus seperti AutoCad dan SAP. besok coba request STAAD PRO sama ETAB ah. haha

Konsolidasi

kalau yang iini adalah biro jurnalistik dan media di teknik sipil. sekarang kita lagi berusaha untuk mencari link dan modal biar bisa nerbitin majalah lagi

Biro Pengembangan Profesionalisme Sipil (BPPS)

bpps ini ngelatih mahasiswa biar jadi engineer sejati. dari nyediain textbook, bikin pelatihan tentang lelang proyek, sampe ngadain kunjungan lapangan.

 

HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL (HMS)

ini dia jantungnya organisasi di teknik sipil. seperti yang udah diceritain di atas, HMS punya 8 bidang yang punya fungsi dan kewajiban masing-masing. tapi tujuan himpunan dimana-mana pasti sama, pelayanan. himpunan kami menganut sistem 3 angkatan. memang sih berbeda dengan jurusan lain, tapi sampai saat ini dengan pertimbangan kegiatan akademik yang tidak memungkinkan kita untuk menerapkan himpunan 2 angkatan, sampai saat ini hm 3 angkatan merupakan hal yang ideal. aku udah 3 tahun ikut di himpunan dengan jabatan yang berbeda-beda. aku ceritain aja ya apa yang aku alamin selama masuk di HM

tahun pertama (2010) aku masuk bidang akademik yang beranggotakan sekitar 11 orang dengan kabid mbak riza susanti dan sekbid mas victor adhi nugroho. waktu itu ketua hm nya mas lukman laksono (kanjeng romo) dan wakilnya mas apriadi ali ramadhan. awalnya kami yang maba ini jadi anggota muda, jadi ada beberapa hak yang nggak bisa kita dapet, tapi  kita tetep ngejalanin kewajiban kita sebagai anggota (baca part 1). acara gede yang ada waktu itu adalah seminar nasional tentang green construction. disini awal aku belajar organisasi dan angkatan atas sangat amat membantu kita untuk beradaptasi dan menganggap kita semua saudara.

tahun kedua (2011) aku diminta tolong untuk jadi sekretaris bidang PSDM dengan kabid mas m. anugrah prasaji. dengan ketua mas eka hadi dan wakil ketua ferry rizki. disini sistem agak berubah. tahun-tahun sebelumnya ketua, wakil, litbang, kabid, sekbid merupakan satu angkatan yaitu tahun ketiga. untuk tahun 2011 ketua, litbang, dan kabid adalah mahasiswa tahun ketiga. wakil dan sekbid mahasiswa tahun kedua. saat itu pertimbangannya adalah agar mahasiswa tahun ketiga bisa melaksanakan KP tetapi masih ada yang membackup saat mereka tidak bertugas. karena kita nggak mau organisasi menjadi penghambat kuliah. disini hm melakukan banyak penyesuaian ulang tetapi menurutku masih berjalan sesuai koridornya.

tahun ketiga (2012) aku kembali diminta tolong, kali ini sebagai litbang bidang mikat dan eksternal. ketua himpunan saat ini adalah aria wirawan dan wakilnya arifin dian wardhanto. kita kembali meneruskan sistem tahun sebelumnya. hanya saja kita kembali menghadapi tantangn baru, yaitu pergantian birokrasi. seharusnya belum saatnya untuk pergantian, tetapi berhubung sekretaris jurusan kita, pak agung wibowo naik pangkat jadi PD 2, akhirnya kita harus ganti kajur. terpilihlah pak sumbogo pranoto sebagai kajur dan pak ilham nurhuda sebagai sekjur. disini aku ngerasa hm agak terseok-seok. baik dari dalam maupun luar ada saja masalah yang muncul. aku harap hal ini cepat selesai dan bisa menjadi bahan evaluasi ke depannya.

 

bagaimanapun, organisasilah yang membuat kita menjadi mahasiswa seperti seharusnya. tempat kita belajar untuk berfikir kritis dan mampu melihat keluar. memikirkan dari hal kecil seperti kesuksesan acara untuk berfikir besar seperti kemajuan bangsa 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s