Monthly Archives: Desember 2012

Temu Wicara Regional Jawa Tengah, FKMTSI

Standar

Kemarin tanggal 23-24 desember mahasiswa sipil se jawa tengah yang tergabung dalam forum komunikasi mahasiswa teknik sipil indonesia (FKMTSI) wilayah VIII punya gawe, yaitu temu wicara regional
Acara berlangsung 2 hari di semarang dan dihadiri oleh 9 universitas yaitu universitas diponegoro (undip), universitas negeri semarang (unnes), universitas semarang (usm), universitas 17 agustus 1945 semarang (untag), universitas islam sultan agung (unisula), universitas tidar magelang (utm), universitas muhammadiyah purwokerto (ump), universitas jendral soedirman (unsoed), dan universitas sains alqur’an (unsiq).
Hari pertama ada kongres yang bertempat di gedung rektorat unnes dan dibuka dengan tari gambyong yang sudah dimodifikasi. Kongres ini berisi pembacaan hasil temu wicara nasional di aceh dan pemilihan koordinator wilayah yang baru untuk menggantikan mas agus apriliano.
Read the rest of this entry

Amigurumi

Standar

beberapa hari ini aku kembali berkutat dengan kerajinan tangan yang berbulan-bulan terlupakan. bedanya, kali ini nemu mainan baru, yaitu amigurumi. emangnya apa sih amigurumi itu? bahas dari awal ya

merajut adalah membuat kain atau bentuk tertentu dari sehelai benang dengan cara saling mengaitkan benang tersebut. rajut ini bisa dibuat dengan mesin atau buatan tangan. untuk buatan tangan sendiri yang aku tau ada tiga macam berdasarkan alat pembuatnya. ada knitting, crocheting, dan yubiami.

Read the rest of this entry

Pemilihan Raya (Pemira)

Standar

wah, nggak kerasa di Undip udah mau ngadain pemira lagi nih. baik tingkat universitas, fakultas, dan persiapan untuk jurusan. poster udah mulai bertebaran. mading penuh tempelan. rame deh. aku share hasil searchingku tentang pemira ya (pengen ngupdate diri sendiri. hehe)

 

pemira undip

Read the rest of this entry

Kampus Saat Ini (Part 3-Akademik)

Standar

Namanya juga kampus, kegiatan utamanya ya kuliah. dan kuliah itu kegiatan akademik yang berhubungan dengan indeks prestasi dan waktu kelulusan.

dulu, jaman dosen-dosen kita kuliah, sks yang harus ditempuh jumlahnya sangat banyak, kalo nggak salah sekitar 170an. dan dulu, waktu yang harus ditempuh buat kuliah tu bukan harga mati. kebanyakan kuliah sambil kerja, dan nggak ngejar lulus cepet tapi lulus yang berkualitas. dulu kuliah selama 5 tahun untuk S1 itu udah hebat. rata-rata kuliah itu selama 6-7 tahun. lama itu bukan karena bodoh, tapi kebanyakan karena kuliah itu bukan satu-satunya kegiatan yang harus dijalani. ada yang sambil bekerja, ikut organisasi disana-sini, mata kuliah yang sangat banyak, jadi wajar-wajar saja kalau harus selama itu.

mari kita lihat masa sekarang. untuk teknik sipil undip waktu kuliah untuk S1 dibatasi selama 7 tahun (14 semester) dengan bobot 144 sks. lulus yang tepat waktu adalah kalau kita bisa menempuhnya dalam waktu 4 tahun (8 semester). orang tua kebanyakan juga memiliki keinginan anaknya harus cepet lulus biar bisa cepet kerja. jadi mahasiswa terutama yang kurang bisa membagi waktu dan dikejar orang tua lulus cepat kebanyakan menjadi study oriented dan tidak peduli lagi dengan kehidupan di luar akademik, apalagi menjadi aktivis yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menjadi mahasiswa kritis.

Read the rest of this entry

Happy birthday :)

Standar

Jadi ceritanya kemaren tanggal 5 desember mas randy ulang tahun. Sebelumnya, tanggal 1 desember bayu ulang tahun. Mereka berdua udah sepakat buat ngrayainnya disatuin pas tanggal 5 nya.
Sekitar jam 3 sore, bayu mbak lili mas prim dkk belanja buat nantinya dimasak dan dimakan rame rame. Sekitar jam setengah 5 mereka baru balik ke joglo dengan bahan2 buat bikin spagheti sama cocktail. Setelah mereka dateng, kita langsung nyerbu dapur buat masak. Mas randy mas prima mas ompong beli pizza dan pake acara nyasar.
Rencana awal kita mulai acara jam setengah 7. Tapi karena cuaca hujan, jadi banyak yang belum pada dateng. Akhirnya kita baru mulai makan sekitar jam setengah 8 sampe pizza sama spagheti udah dingin. Dan karena keterbatasan piring, yang cewe ber6 pake 2 piring ukuran normal. Yang cowo berebutan di piring seukuran tampah.

image

image

Read the rest of this entry