Amigurumi

Standar

beberapa hari ini aku kembali berkutat dengan kerajinan tangan yang berbulan-bulan terlupakan. bedanya, kali ini nemu mainan baru, yaitu amigurumi. emangnya apa sih amigurumi itu? bahas dari awal ya

merajut adalah membuat kain atau bentuk tertentu dari sehelai benang dengan cara saling mengaitkan benang tersebut. rajut ini bisa dibuat dengan mesin atau buatan tangan. untuk buatan tangan sendiri yang aku tau ada tiga macam berdasarkan alat pembuatnya. ada knitting, crocheting, dan yubiami.

knitting adalah merajut dengan dua buah jarum seperti sumpit yang berujung cukup runcing. teknik ini biasa digunakan untuk membuat baju, syal, atau selimut. sayangnya aku belum bisa untuk knitting, padahal jadinya bagus-bagus. kapan-kapan belajar ah

knitting

kemudian ada yang namanya crocheting. kalau ini pakai satu jarum yang ujungnya berkait. taknik ini biasanya digunakan untuk membuat taplak, dompet kecil, atau hiasan. tapi bisa juga kok bikin selimut atau syal atau baju pake teknik ini. cuma memang relatif lebih lama. tau kan bros-bros rajut yang biasanya berbentuk bunga yang sekarang lagi in? nah itu pembuatannya pake teknik crocheting. kalau yang ini aku lumayan bisa walaupun nggak terlalu jago.

mic8316

berikutnya ada lagi yang namanya yubiami. kalau ini merajut dengan tangan kosong. jadi kita merajut pakai jari. caranya simple. nggak butuh pola-pola rumit. cuma hasilnya memang cuma satu rangkaian panjang. teknik ini bisa digunakan jika ukuran benangnya besar agar bentuknya terlihat. kalau mau bentuk yang lebih lebar atau bentuk lain, rangkaian itu harus dijahit ke rangkaian lain.

P1070233

lah terus, kalo amigurumi itu apa dong? amigurumi itu seni membuat boneka  kecil yang diisi (stuffed doll). teknik yang digunakan adalah crocheting, dan biasanya cuma tersiri dari satu jenis tusuk, yaitu single crochet. bisa juga sih pake knit, cuma sangat jarang karena ukuran amigurumi biasanya imut-imut. nah ini dia yang bikin aku sibuk akhir-akhir ini. tergoda dengan hasilnya yang lucu, akhirnya nyoba searching beberapa polanya dan nyoba dipraktekin walaupun agak cacat. haha

ini nih beberapa hasil yang udah aku buat.
image

image

image

Belom bener2 bagus sih, tapi tetep mau belajar ah 🙂

o iya, polanya untuk kelinci pertama aku dapet dari sini kelinci kedua aku dapet dari sini untuk beruangnya aku dapet di sini

kapan kapan aku post tentang cara baca pola dan tutorialnya deh. tunggu ya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s