Penutup super manis :)

Standar

Malam minggu kemarin adalah malam perpisahan kami, mahasiswa kkn, dengan warga desa tegalrejo, khususnya dusun sidodadi. Awalnya pak wardi, salah satu warga dusun yang sangat membantu kami, ingin mengadakan perpisahan kecil di rumah beliau. Niat awalnya hanyalah berupa pengajian. Tapi akhirnya beliau sepakat dengan kelompok pemuda dusun, antarest (antusiasme taruna remaja sidodadi tegalrejo), untuk membuat acara tersebut menjadi sedikit lebih meriah.
Malam itu, kami diminta datang ke TPQ dengan personil lengkap. Tapi sayang, kami kekurangan 1 anggota yaitu novi yang sakit dan harus pulang. Berhubung ada yang masih harus njemput, akhirnya aku, fairuz sama mas amri berangkat duluan dan kita bener bener takjub begitu sampe disana karena di halaman TPQ udah berdiri panggung kecil 2 tingkat dengan penutup kain hitam di sekelilingnya. setelah bantu-bantu sebentar, aku balik sebentar buat ngganti celana jadi rok, semuanya mulai datang, dan acarapun dimulai.

acara perpisahan ini dibuka dengan penampilan rebana dari para pemuda

Camera 360setelah penampilan rebana dengan lagu-lagu yang ajaibnya kita bisa ikut menyanyi karena berkali-kali ikut pengajian, kang tar berdiri di tengah dengan lampu sorot (foto menyusul). kang tar ini memang sangat berbakat di dunia seni. bahkan dulu pernah ikut bergabung dengan kelompok teater undip walaupun beliau kuliah di IAIN. beliau sedikit memberi sambutan pendek dan menceritakan tentang apa yang akan ditampilkan malam ini, yaitu teater yang sayangnya aku lupa judulnya. kalau nggak salah pertempuran dua sisi. (beliau berkali-kali berbicara bahwa pertunjukan ini tidak pantas, tapi itu semua bohong! ini teater yang super keren!)

cerita pertama dimulai dari dalam TPQ. ada tiga peran di adegan ini yaitu 1 orang tua (diperankan oleh mas rofiq, ketua antarest) yang duduk di semacam kereta kecil dengan 2 orang muda yang menarik kereta tersebut. afegan ini menceritakan bahwa seberapa jauh dan berat perjalanan yang harus kita tempuh untuk mencapai tujuan akhir, tapi jangan pernah menyerah dan teruslah berjalan karena kau tak tahusudah  seberapa dekat kau dengan tujuanmu.

cerita kedua terdiri dari beberapa adegan dengan kang tar yang menjadi pemeran utama. awalnya pria ini adalah pria yang kejam, yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. kebenaran baginya adalah sebuah musuh utama yang harus dibasmi. tapi suatu saat dia tersadar bahwa apa yang selama ini dilakukan bukanlah hal yang baik dan dia ingin kembali untuk mencari kebaikan. sulit memang, tapi harus dilakukan. (disini yudis, anak kang tar, nangis gara-gara takut)

cerita ketiga merupakan penutup. ucapan selamat tinggal. pembacaan puisi yang berjudul sahabat oleh bilqis yang sangat penuh penghayatan. anak ini bahkan sampai menangis padahal tak terlalu akrab dengan kita.

 

setelah teater, acara berikutnya adalah wayang kontemporer yang didalangi oleh pak wardi (ki dalang kenthir). dan kejutannya adalah kitalah pemeran utamanya. foto kami dipajang dan dijadikan wayang oleh ki dalang. dan kalau foto kita muncul di layar, maka kami harus mengikuti perintah ki dalang. kemudian ki dalang memanggil beberapa orang lagi untuk naik ke atas panggung. gilirannya wayang orang kata beliau. dan aku ikut jadi korban. aku dipanggil ke atas panggung hanya untuk digombalin dan akhirnya dapat panggilan baru yaitu aan (ayang-ayang nana)

 

jam 1 acarapun selesai yang kemudian ditutup dengan ngobrol dan berfoto. benar-benar penutup yang super manis. kami tak menyangka akan dijamu semeriah ini. satu bulan yang sangat berkesan dengan dusun sidodadi, desa tegalrejo. pelajaran super berharga dari masyarakat yang akan terus diingat 🙂

 

 

Iklan

3 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s