Simtraffic Synchro 7

Standar

Simtraffic Synchro 7 ini adalah salah satu software dalam bidang transportasi, khususnya rekayasa lalu lintas. software ini mungkin memang belum terlalu terkenal apalagi di Indonesia. Apalagi untuk kita-kita yang jarang menggunakan software di bidang transportasi. selama ini memang struktur yang banyak memanfaatkan teknologi untuk perhitungannya seperti SAP, ETABS, STAAD PRO dan banyak lagi. dan sekarang muncul salah satu software yang sangat membantu kita dalam merekayasa lalu lintas, yaitu Synchro 7 ini. software ini juga digunakan dalam perencanaan pembangunan underpass Dewaruci di Bali.

sebenernya aku kenal software ini juga karena kebetulan aku ambil Tugas Akhir di bidang transportasi, dan dosen pembimbing kami menyarankan menggunakan software ini untuk mempermudah pengolahan data karena kebetulan Undip adalah salah satu pemilik lisensi resmi software ini di Indonesia, selain Departemen Pekerjaan Umum. (pantesan kemaren sempet coba cari free download nya di internet kok nggak ketemu). dan oleh karena itu ada pelatihan untuk software ini di kampus.

software ini memungkinkan kita untuk memodelkan suatu bentuk jalan, dari jalan lurus sederhana, simpang bersinyal atau tidak, bundaran, fly over, bahkan koordinasi semua jalan raya di sebuah kota. kita cukup membuat sketsa jalan, memasukkan volume, pergerakan, jumlah lajur, dan data-data dasar yang lainnya. kemudian voilla, kita bisa mendapatkan dari derajat kejenuhan sampai gas emisi yang dihasilkan kendaraan tersebut. kalau kita menggunakan perhitungan manual, pasti membutuhkan banyak tabel, koefisien, perhitungan rumit seperti petunjuk “kitab” MKJI yang tebalnya gila gilaan. dan serunya lagi, kita bisa langsung mensimulasikan hasil dari input kita. dan hasilnya munculah animasi kendaraan dari mobil sampai truk gandeng yang sliwar sliwer di layar kita dalam bentuk 2D ataupun 3D

tapi, memang ada sedikit kekurangan di software ini. berhubung pembuat software ini adalah orang Amerika yang setir mobilnya di kiri, maka software ini akan otomatis membuat mobil tersebut berjalan di jalur kanan. sedangkan Indonesia mengadopsi Jepang, yaitu mengendarai di sebelah kiri. sehingga dalam pembuatannya membutuhkan beberapa trik khusus, seperti membalik arah Barat dan Timur.

gambaran synchro

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s