Papercraft

Standar

lagi lagi posting tentang hobi yang seru dan bikin lupa waktu. dan kali ini gilirannya kertas yang minta diceritain. sebenernya ada banyak hal yang bisa dibuat dari kertas yang bisa bikin kita amazed, tapi kali ini aku mau bahas tentang papercraft.

udah pada tau dong papercraft tu apaan? papercraft ini seni membuat benda tiga dimensi dari kertas. tapi beda ya sama origami. kalo origami itu nggak pake lem dan sangat jarang menggunakan gunting. sedangkan papercraft ini membutuhkan gunting, cutter, dan lem untuk mengerjakannya. inget waktu SD kita belajar tentang jaring-jaring benda volume? simplenya, papercraft ini kita disediain jaring-jaring yang nantinya tinggal rangkai.

papercraft yang paling terkenal dan simple itu yang bentuknya cube, dan ini juga yang pertama kali aku tahu. dulu waktu simpang lima masih banyak yang jualan, ada mahasiswa yang jual papercraft ini. kalo nggak salah dulu aku beli yang bentuk doraemon. kaya gini contohnya

Doraemon

setelah itu aku mulai searching tentang papercraft. pertama kali aku bikin kalo nggak salah waktu semester 2. dapet polanya dari sodaraku dan yang aku bikin waktu itu pokemon yang psyduck. berhubung fotonya ilang entah kemana, jadi aku comot dari tempat downloadnya aja ya

pokemon-psyduck-papercraft

 

setelah itu mulai agak banyak yang aku bikin walaupun yang masih ada barangnya tinggal satu, yaitu nobita. selain itu ada pocoyo, kucing, transformer, bulldozer, superman, banyak lah.

Camera 360 IMG_20120816_114514 Camera 360 Camera 360

 

dan sekarang lagi dalam proyek bikin thousand sunny, kapal yang ada di kartun one piece. proyek ini butuh waktu yang cukup lama, karena terdiri dari tiga part dan membutuhkan 36 lembar karton ukuran A4 dengan detail yang kadang bikin mata jereng. tapi untungnya sih sampe sekarang masih semangat ngerjainnya. nanti kalo udah jadi aku share deh gambarnya

 

sebenernya sih kalo mau nyari polanya tinggal googling aja, tapi ada beberapa situs yang sering aku pake buat searching. nih aku share

paper-replika

paperkraft.net

canon

papercraft museum

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s