Online Shop

Standar

Hare gene, siapa sih yang nggak kenal sama online shop? Pasti semua pernah lah ya berhubungan sama online shop, walaupun cuma sekedar dapet spam dagangan di media sosial kita. Tapi sebenernya gimana sih online shop itu?
Online shop emang toko online. ya nawarin dagangannya, liat barangnya, kontak sama penjualnya, secara online. biasanya sih penjualnya kebanyakan remaja-remaja cewek atau ibu-ibu yang cari biaya tambahan. dan mereka ngandelin medsos sebagai “toko”nya.
sebenernya belanja di online shop itu emang enak. tinggal lihat-lihat, pesen, transfer, dateng deh barangnya. tapiii, pernah nggak sih kita ngerasa dirugiin sama online shop?
yang paling marak emang penipuan. aku emang belum pernah ngalamin sendiri sih, tapi temen pernah beli kaos bola nankatsu (tim nya kapten tsubasa itu lho) lewat kaskus. setelah pesen dan transfer, eh sampe sebulan barangnya belum dateng juga. di kontak, nomernya udah nggak aktif. trus waktu buka kaskus lagi, udah banyak komentar kalo banyak yang ketipu juga (waktu pesen belum ada komentar itu). ya dasarnya apes, mau gimana lagi?
ada lagi, baru kemaren nih. Dapet kabar dari temen kalo di sebuah forum ada kasus tipu tipu juga. dan parahnya, tuh tukang tipu nyantumin almamaternya. Alamak, nama baik jadi rusak deh.
Kalau aku sih, kadang emang suka sensi sama online shop. Terutama yang dagangannya barang-barang cewek macem baju tas gitu. Spammingnya itu lhoo. Suka tiba-tiba komen “hai cantik, cek ig kita ya. ada legging murah lhoo”. Atau nyamber obrolan di twitter “kita jual kacamata lucu lucu lhoo”. Dan kadang, kalo lagi iseng aku suka buka akun mereka (kebanyakan yang di instagram), dan akunnya digembok. Atau kalo ditanya harga disuruh kontak personal. Ya elah, niat dagang apa nggak sih? Kita harus follow dia dulu gitu? Kita harus nanya gitu kaya serius beli padal cuma pengen liat-liat? Males banget deehh.
o iya, masalah follow follow an ini, aku ada cerita nih. Jadi temen aku emang ada yang aktif jadi penjual online shop. Awalnya sih dia punya dua akun instagram. Satu akun pribadi, satu akun dagangan. Dan aku cuma follow akun pribadinya. Eh, tapi kok lama-lama dia gelar lapak di akun pribadinya ya? Dan berkali-kali. Dan sekali buka timeline, bisa penuh sama dagangannya dia. Alhasil aku unfol deh, tapi udah bilang dulu kok. Hahahaha.
Aku sendiri pernah sih beli secara online, dan baru dua kali. Yang pertama beli buku “The Naked Traveler 4” di pengenbuku. Itupun karena kalo kita beli online, kita dapet yang edisi tanda tangan plus gratis notebook kecil. Yang kedua beli kerudung. Ini juga karena susahnya nyari kerudung yang nggak transparan. Jadinya beli di jilbabwear deh. Dan besok rencananya pengen beli sepatu di iwearbanana.
Tips nya sih, cari toko yang terpercaya. Aku sih lebih prefer yang udah punya akun sendiri, bukan di forum forum gitu. Karena kalo ada akun, kita bisa ngecek reputasi dia dari komen orang-orang. kalo yang iwearbanana sih dia punya toko beneran, tapi juga melayani online. pokoknya harus lihat reputasi, pegang minimal dua kontak, dan kalau udah ada pengalaman temen atau kenalan yang pernah beli disana itu lebih baik.
Buat penjual, kalo emang niat jualan ya jangan nipu. Jangan digembok akunnya. Harga barang dicantumin. Jangan kalo ditanya jawabnya “line/WA aja ya”. Aku jadi curiga harganya bisa dinaik turunin sesuka hati.

Selamat belanja dan berjualan hai kalian para pelaku online shop 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s