Ennichisai 2014

Standar

Tanggal 24-25 Mei kemarin, ada festival tahunan ennichisai 2014 di kawasan blok M dan temenku ngajakin buat dateng kesana. Fyi, blok M ini memang sering juga disebut sebagai little tokyo karena memang disini merupakan kawasan pemukiman dan bisnis orang orang jepang. Jadi jangan heran kalo banyak orang jepang asli disini.

Berhubung aku hari sabtu masih tetep kerja, aku akhirnya bisa kesana hari Minggu nya. Sebenernya sih aku bukan penggemar budaya jepang banget-banget, cuma suka biasa aja. Temen yang ngajakin aku yang suka banget. Tapi kalo emang bisa dan sempet dateng, sebisa mungkin aku dateng. Siapa sih yang bisa nolak festival Jepang apalagi yang besar kaya gini?
Hari Minggu kita janjian di halte Harmoni jam setengah 11. Tapi ternyata lalu lintas sedang bersahabat. Jam 10 aku udah duduk manis di halte buat nunggu temenku ini dateng. Dan 20 menit kemudian dia dateng dan nggak lama kita udah terjebak di desek-desekan orang rebutan masuk busway dan mpet-mpetan di dalemnya.
Waktu dateng, lagi ada acara lomba makan ramen di panggung utama (cepet-cepetan makan 10 mangkok ramen. Aku nggak akan pernah ikut lomba macem ini secara punya kecepatan makan yang super rendah). Dan nontonin ini sukses bikin kita berdua makin laper. Langsung aja kita cari stand makanan dan bingung mau makan apa saking banyaknya pilihan. Dan akhirnya kita makan nasi kare, aku pilih ikan dan temenku pilih daging. Kita punya kebiasaan buat saling icip makanan, jadi nggak boleh pesen makanan yang sama. Begitu diicip, kuah kare ini ternyata agak-agak mirip sama kuah sate padang, dan jadi bahan becandaan kalo ada temen dari jepang suguhin aja sate padang dan bilang kalo itu kare a la Indonesia. Hehehehe.
Selesai makan kita lanjut muter-muter ke stand yang lain. Kebanyakan memang stand makanan dari yang udah pernah kita makan, udah familier di kuping tapi belom pernah nyoba, sampe yang baru tahu disitu. Yang lain sih pernak pernik yang aku nggak terlalu tertarik (sebenernya sih karena banyak nggak tau karakternya, dan bingung kalo mau beli ntar dibuat apa). Tapi ada satu yang menarik perhatian, yaitu stand senjata. Mereka jual berbagai macam senjata, dari shuriken sampai katana, dan semua memang beneran tajem. Mereka udah kasih peringatan sih (yang bikin senyum-senyum waktu bacanya) bahwa senjata ini harus digunakan untuk hal baik seperti pajangan, sekedar hobi koleksi, peralatan buat kemping dan survival, pertahanan diri saat ada orang jahat dan lainnya. Dan dilarang digunakan untuk menakut-nakuti dan melukai orang lain.
Berhubung makin panas dan udah masuk waktunya shalat dzuhur, kita ke masjid di dalem mall Blok M. Dan masjid ini mematahkan tradisi kalo tempat ibadah di dalem mall itu kecil sempit bin panas yang biasanya ada di parkiran basement. Masjid ini nempatin satu lantai paling atas dan luas banget dan adem. Kurangnya cuma satu, karena waktu itu lagi rame, banyak yang ngobrol kenceng-kenceng dan jadi berisik.
Setelah selesai, kita lajut muter lagi. Dan kali ini tujuan kita adalah hunting cosplayer. Dari cosplayer yang simpel kaya L di death note (cukup celana item, kaos putih polos lengen panjang, rambut agak gondrong dan eyeliner item) sampe yang ribet kaya jadi digimon dengan armor super banyak (aku kurang tau sih itu digimon apa, nggak hafal soalnya). Berhubung aku nggak terlalu tau banyak karakter anime dan game,ujung-ujungnya aku cuma foto bareng kamen rider decade, gaim, sama fourze. Dan temenku cuma foto bareng cosplayer cantik (kata dia cuma ada dua syarat buat foto bareng. cantik atau super niat). Sebenernya ada lagi cosplayer yang keren. Kakek usia 68 tahun yang berperan jadi kakek kura kura di dragon ball. Tapi sayang waktu mau minta foto bareng, kakek itu lagi mau ngehabisin rokok jadi nggak bisa foto.

10356573_792696227409344_780077389_n

Uchuuu Kitaaaa

Uchuuu Kitaaaa

Agak sore, akhirnya kita muterin stand lagi karena temenku dapet titipan light stick dan kita sempet liat salah satu stand yang jual light stick bawang, cocok banget buat nonton konser Hatsune Miku tanggal 28-29 Mei besok. Tapi waktu sampe sana lagi, tu light stick udah kejual dan harus cukup puas dengan light stick biasa yang lampunya warna ijo bawang. Aku? Aku cukup puas dengan seporsi takoyaki gurita yang enak (walaupun nggak seporsi full karena dicomotin temenku).
Setelah puas muter-muter kita ke stage utama sekalian nunggu cosplay. Di sekitar stage utama juga ada stand, tapi kebanyakan kurang menarik. Kita cuma mampir ke stand pendidikan jepang (dan temenku beli buku N5 demi bisa main game dengan lancar), stand yang nawarin pergi ke Nagoya, dan mencoba peruntungan di stand Tokyo. Sebenernya ada lagi yang nawarin undian dengan syarat yang sama, yaitu like fanpage mereka. Tapi stand tokyo ini nyediain laptop jadi kita nggak perlu repot pake hape masing-masing. Setelah like fanpage, kita dapet kesempatan buat muter semacam alat yang nantinya akan ngeluarin bola kecil. Dan kita berdua cukup beruntung dapet bola berwarna dan dapet merchandise notebook kecil. (Walaupun waktu temenku dapet bola kuning kita sempet mikir dia bakal ke tokyo karena biasanya bola kuning arting grand prize. tapi ternyata bukan)
Nggak lama setelah itu tiba-tiba ada mbak-mbak cantik yang nyanyi diatas panggung. Dan ternyata mbak ini keturunan Indonesia yang besar di Jepang dan jadi penyanyi baru disana, namanya Amour Mico. Suaranya bagus, dan gerakannya energik. Kalo dia berkarir di Indonesia pasti bakal laku dan banyak penggemarnya. Setelah penampilan amour mico, akhirnya dimulai juga single cosplay competition. Ada banyak peserta yang muncul, dari yang bikin kagum, bikin ketawa, biasa aja, sampe jijik karena cross gender cowok meranin cewek. Sayang aku nggak nonton cosplay grup yang diadain hari sabtu. Padahal kalo cosplay grup bisa nonton mereka meranin cuplikan adegan dari anime yang mereka peranin.
Berhubung aku masih harus ngejar bis ke Tangerang dan masih punya janji buat nonton Nidji malemnya, jadi aku langsung balik setelah nonton cosplay. Temenku sih masih stay disana sampe jam 10 malem, sampe acaranya selesai.

Semoga masih bisa nonton ennichisai tahun 2015 nanti 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s