Jalan Jalan ke Pantai (Part 1)

Standar

Woyooo, salam anak pantai!

Sebenernya aku nggak resmi anak pantai sih karena cuma ke pantai itu itu aja dan nggak sering sering banget juga. Tapi disini aku mau sedikit cerita tentang beberapa perjalananku ke pantai. Yuk deh langsung

 

JAWA TENGAH

SEMARANG

Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah yang letaknya ada di Utara dan berbatasan dengan laut Jawa, pastinya punya pantai dong. Pantai yang terkenal sih Pantai Marina sama Pantai Maron. Tapi walaupun aku udah lama tinggal di Semarang, selama ini aku cuma pernah ke Pantai Marina, itupun udah lama. Dulu waktu kelas 4 SD (tahun 2000) sih lumayan sering kesana soalnya om hobi mancing (dulu masih tinggal sama keluarga om). Walaupun ini pantai nggak bersih bersih amat, tapi aku masih bisa nemu bintang laut sama ubur ubur lho waktu main di pinggir pantai.

O iya, pantai ini memang lebih sering dipake buat mancing dibanding main air, makanya lebih rame di sekitar tanggul dibanding di bagian berpasir. Sekitar tahun 2009, aku ke sana lagi sama keluarga besar dari Ibu, dan tujuannya tetep, mancing. Waktu itu ada kereta wisata yang keliling daerah situ. Aku nggak tahu sih tapi berapa harganya. Maklum, dibayarin

Ini saudaraku, waktu mereka masih kecil. Ini adalah salah satu spot mancing

Ini saudaraku, waktu mereka masih kecil. Ini adalah salah satu spot mancing

Matahari di sela pohon sekitar Pantai Marina

Matahari di sela pohon sekitar Pantai Marina

Berhubung kita memang mancing, jadi pinggirannya ya batu batu begini, bukan pasir

Berhubung kita memang mancing, jadi pinggirannya ya batu batu begini, bukan pasir

Ngomong-ngomong soal mancing, dulu aku pernah diajak senior buat mancing di kawasan Tanjung Mas. Aku nggak tahu persisnya dimana, karena itu emang bukan kawasan dan jalanan resmi. Kayanya sih tempat mangkal trailer dari atau ke pelabuhan gitu. Makanya jalan kesana juga butuh banyak perjuangan. Dari kucing-kucingan sama penjaga, ndorong motor karena jalannya berlumpur, kaki gatel gatel gara gara digigit serangga selama disana, sampe motor agak karatan karena kena air laut.

Ini dia tempat mancing kita

Ini dia tempat mancing kita

Hasil tangkapan

Hasil tangkapan

Ini mas Yanto. Semua hasil tangkapan dipersembahkan oleh dia (yang lain nggak ada yang dapet)

Ini mas Yanto. Semua hasil tangkapan dipersembahkan oleh dia (yang lain nggak ada yang dapet)

 

JEPARA

Jepara memang terkenal akan ukiran dan pantainya. Ada banyak pantai cantik disana, tapi yang pernah aku datengin itu Pantai Kartini, Pantai Bandengan, sama Pantai Benteng Portugis. Pantai Benteng Portugis ini memang lebih terkenal dengan bentengnya. Tapi kalau kita mau jalan kaki sedikit, kita akan nemu pantai di kaki bukit bagian utara. Pantai ini memang bukan pantai pasir, tapi karang. Tapi pemandangannya cukup indah kok.

O iya, ada sedikit cerita waktu kita main ke Jepara. Waktu itu sih kita cuma pengen jalan-jalan ke pantai. Tadinya mau ke Pati, tapi karena jalannya rusak, akhirnya kita ke Jepara. Karena nggak ada persiapan, akhirnya kita nanya ke petugas pom bensin tempat kita istirahat shalat maghrib. Tadinya kita disaranin buat ke Bandengan, tapi kata bapaknya kalo malem bahaya, suka banyak preman iseng. Katanya kalo ada yang pacaran disana trus ketemu preman, mereka disuruh ciuman dan tu preman ngeliatin sampe puas. Hiiiii. Walaupun kita rombongan tetep aja ngeri.

Akhirnya kita mutusin buat nginep di Pantai Kartini. Kebetulan kita ada kenalan yang tinggal di dalem situ, dan itu dijadiin alibi biar kita bisa masuk pantai gratis. Hehehehe. Tapi mungkin karena kita boong, waktu mau masang tenda tiba tiba hujan deres banget dan tenda basah kuyup sebelum sempet berdiri. Udah gitu masjidnya lagi di renov pula. Alhasil kita tidur di emperan toko suvenir dan diusir sama yang punya pagi-paginya. Hahaha. Baru deh kita cabut ke Bandengan.

Istirahat dulu di pinggir jalan, dan nggak lupa foto-foto

Istirahat dulu di pinggir jalan, dan nggak lupa foto-foto

Pantai Bandengan. Waktu itu kita jalan dulu agak jauh jadi dapet spot yang agak sepi

Pantai Bandengan. Waktu itu kita jalan dulu agak jauh jadi dapet spot yang agak sepi

Superman jadi jadian :D

Superman jadi jadian 😀

Dari Jepara, tepatnya Pantai Kartini, kita bisa nyebrang ke Karimun Jawa sama Pulau Panjang, berhubung aku belum pernah ke Karimun Jawa, jadi ya nggak bisa cerita apa apa. Hehehe. Kalau Pulau Panjang sendiri aku udah 6 kali kesana. Salah satunya udah pernah aku ceritain disini

Pertama kali itu tahun 2009, waktu lulus SMA. Waktu itu Pulau Panjang masih kosong. Yang tinggal disana cuma kuncen makam (emang ada makam Syeh gitu) sama petugas mercusuar. Tapi urusan MCK udah ada, mushola juga ada, warung juga walau cuma buka hari Minggu, waktu banyak peziarah. Masih bersih, jarang ada sampah. Tapi sekarang, walaupun banyak diperbaiki (ada gapura, gazebo, jalan setapak baru, tanggul, dan ditanami bakau), makin banyak sampah di tepi pantai, terutama di sekitar dermaga. Dulu kalau malam lautnya bisa berpendar karena masih banyak makhluk laut mengandung fosfor, sekarang yang keliatan cuma asap polusi pabrik di kejauhan 😦

Pulau Panjang (2009)

Pulau Panjang (2009)

Ini bukan beneran hasil mancing, cuma ada ikan mabok yang nyasar trus akhirnya kita makan

Ini bukan beneran hasil mancing, cuma ada ikan mabok yang nyasar trus akhirnya kita makan

Waktu itu masih bersih karena masih jarang pengunjung (2009)

Waktu itu masih bersih karena masih jarang pengunjung (2009)

Sunset (2009)

Sunset (2009)

Percaya atau nggak, ini sunrise (2009)

Percaya atau nggak, ini sunrise (2009)

Spot favorit, dermaga rusak yang akhirnya buat foto anak anak (2009)

Spot favorit, dermaga rusak yang akhirnya buat foto anak anak (2009)

Tanggul di sebelah barat pulau (2011)

Tanggul di sebelah barat pulau (2011)

Pulau Panjang (2011)

Pulau Panjang (2011)

Tempat camp (2011)

Tempat camp (2011)

Waktu STJ Mapateksi di Pulau Panjang (2013)

Waktu STJ Mapateksi di Pulau Panjang (2013)

 

Waah, udah panjang banget. Lanjut di post berikutnya yaa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s