Bisnis MLM

Standar

MLM alias Multi Level Marketing, menurutku, cuma sekedar bisnis semu. Bisnis ini sempet super duper booming beberapa tahun yang lalu. Ya aku sih baru ngeh waktu zaman SMA, sekitar tahun 2008. Intinya adalah ada sebuah produk yang dijual, trus kita nawarin ke minimal 2 orang (downline) dan kita dapet bonus cuma karena ngajak mereka juga. Nah orang yang kita ajak ini juga harus nawarin ke dua orang yang lain. Dan begitu seterusnya. Istilahnya kaya bikin piramida gitu (sering disebut phonzi scheme).

 

on_seb ponzi schemes_target1

Yang bikin kaget adalah, walaupun udah banyak yang tahu kerugiannya, bisnis ini masih hidup sampe sekarang, dalam berbagai bentuk. Dan baru aja, beberapa menit yang lalu aku dapet chat dari temen yang mau ngejelasin tentang talkfusion. Emang sih dia bilang nggak nyuruh aku buat gabung, tapi mau nawarin ke bagian marketing kantor (padal di kantor ini nggak ada bagian marketing)

Dari awal, waktu dia bilang dia ikut MLM dan mau ngejelasin langsung aja aku bilang nggak tertarik (mode jutek : ON). Dan pada akhirnya dia cuma sempet ngejelasin kalo ini adalah produk IT bisa buat rapat, ngiklan, bla bla bla. Dan bilang dia nggak peduli bonus, cuma mau pake produknya dan nyari dua downline buat nutup modal.

Ya berhubung aku nggak sempet dapet penjelasan, buat yang mau tahu tentang (bahaya) talkfushion, nih aku kasih link nya.

hati hati bisnis talkfushion

review talkfushion

O iya, ati ati juga sama bisnis yang bilang “ini bukan MLM kok” tapi ada iming iming bonus besar kalo join dan minta ajak orang biar dapet tambahan bonus. Karena bisa dipastikan itu bisnis MLM.

 

Iklan

2 responses »

  1. MLM menurut saya adalah sebuah alat bisnis.
    Apakah MLM itu sulit dijalankan? Tergantung !!!

    Perhatikan, Bila harga pasaran beras/kg adalah Rp 10.000,- Bila di MLM dijual Rp 20.000,-/kg
    maka bisnis ini sulit dijalankan karena mahal, bandingkan bila yang terjadi adalah sebaliknya..
    misalnya beras di MLM dijual Rp 5000/kg, maka MLM menjadi mudah dijalankan bukan?

    Beras hanyalah contoh produk, anda bisa gantikan dengan sayur, vitamin atau apa saja, yang
    penting kwalitas sama dan dengan harga lebih murah atau sama, bereskan ?

    Jadi yang salah adalah MLM atau harga?

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s