Festival Jepang – Part 1 – AFA ID

Standar

Sebenernya aku bukan bener bener otaku, atau cinta banget sama kebudayaan jepang. Tapi dua minggu ini aku kehilangan rutinitas bangun siang ku gara gara nonton festival berbau jepang.

Tanggal 15-17 Agustus kemaren, ada anime festival asia (AFA) di JCC. Ini AFAID kedua ku, yang pertama tahun 2011 waktu kebetulan lagi KP di Jakarta. Dan karena kali ini aku kerja di Tangerang dan kos bapak deket JCC, dan masih ada duit nggak ada salahnya dong kalo nonton lagi. Sayangnya karena hari kerja ku yang senin-sabtu, aku cuma bisa dateng di hari minggu aja.

Pagi itu jam 7 lebih aku udah berangkat dari kos bapak. Walaupun deket, tapi berhubung busway koridor 9 tu jarang lewat dan aku harus nyebrang jembatan benhil yang panjangnya amit amit itu, mau nggak mau aku harus udah berangkat. Walaupun ternyata temenku dateng agak telat gara-gara ada upacara di Istana Negara yang efeknya jalur busway koridor 1 di alihin dan jadi muter-muter.

Skip skip. Sekitar jam setengah 8.20 kita udah sampe di gedung JCC, dan antrian udah cukup panjang. Antriannya dibagi jadi beberapa baris, tergantung tiket yang mau dibeli. Temenku sih berhubung udah punya tiket, dan VIP, dia langsung antri di pintu masuk nunggu open gate. Dan pas lagi antri, entah siapa yang ngasih komando, kita sempet nyanyiin Indonesia Raya, dan ada salah satu pengunjung yang bawa bendera merah putih juga. Nggak terlalu lama, ticket box dibuka dan akhirnya tiket exhibition+stage sudah di tangan.

tiket+brosur

tiket masuk + brosur

Tapi antrian masih berlanjut. Kita masih harus antri lagi buat masuk ke dalem. Mirip sebelumnya, antrian dibagi lagi. Sebelum masuk kita dikasi gelang yang warnanya beda beda untuk tiap kategori tiket (untuk exhibition+stage merah. VIP hari itu kalo nggak salah gold).

Begitu masuk ke dalem, kita langsung disambut dengan berbagai stand yang bikin mata langsung seger. Karena baru buka, masih belum terlalu penuh. Awalnya kita mau langsung makan karena kita sama sama udah kelaperan. Tapi temenku ngajakin belok ke stand sword art online buat ikut “judi”. Jadi kita bayar 120.000 dan punya kesempatan buat ngambil kertas gitu. Semuanya ada hadiahnya, jadi itu duit nggak sia sia. Tapi temenku ini lagi super beruntung karena dapet hadiah yang grade S, hadiah utama dari permainan ini. Dan langsung lah dapet banyak selamat dan seharian cukup jadi pusat perhatian orang orang yang paham.

Berhubung dia lagi seneng, makan kali itu aku dibayarin dan pilihan kita jatuh ke yoshinoya karena butuh makan berat. O iya, sebelumnya dia sempet minta tanda tangan sama foto bareng Danny Choo yang super ganteng itu. Kelar makan, kita muter muter dan liat liat stand yang ada. Nggak terlalu banyak stand sih disana, tapi semuanya punya kualitas yang oke. Ada beberapa stand yang memang dari jepang (Good Smile Company), atau punya orang Indonesia yang barangnya ori dari jepang, dan beberapa stand yang jual pernak pernik berbau anime. Ada juga stand Sony yang promosi PS4 dan teknologi hebat di baliknya. Kita juga nyobain beberapa foto gratis dari stand Canon dan animax. Jadi kita tinggal foto dan kita dapet hasil cetakannya, gratis.

salah satu game dari PS4. kita tinggal ikutin tarian di layar

salah satu game dari PS4. kita tinggal ikutin tarian di layar

mobil hatsune miku

mobil hatsune miku

Sekitar jam 11 kita masuk ke stage. Selain udah makin penuh, temenku juga mau minta tanda tangan salah satu artis yang malem itu bakal tampil, jadi lebih baik kita udah di dalem stage. Acara waktu itu adalah wawancara singkat sama artis. Dan MC nya udah pasti Danny Choo, dan ada MC cewek yang bantu untuk translate ke bahasa Indonesia. Jadi si Danny ini selain wawancara juga jadi translator Jepang-Inggris. Acara berikutnya adalah wawancara sama orang-orang di balik anime Black Bullet (waktu ini aku udah ditinggal sama temenku keluar). Aku nggak tau anime ini sih, tapi ini adalah anime adaptasi dari novel (bukan manga kaya biasanya) dan mereka nyeritain serunya bikin semua kata kata itu jadi grafis 3D yang oke banget.

Kelar wawancara, waktunya acara yang seru, yaitu group cosplay competition. Walaupun namanya group, tapi pemainnya ada dua tiap kelompoknya. Mereka harus meranin scene yang mereka pilih dan dibantu sound, video latar, dan banyak properti. Ada banyak cosplay dengan kostum, cerita, penghayatan, aksi yang keren-keren. Ada juga yang ganti kostum di tengah-tengah pertunjukan. Walaupun ada satu yang sempet kena gangguan teknis karena sound nya tiba tiba berhenti, tapi mereka dengan profesional ngelanjutin ceritanya.

Setelah semuanya tampil, sambil nunggu juri mutusin siapa yang menang, kita disuguhi semacam kabaret tentang rurouni kenshin. Pertunjukan super seru dan lucu. Dan ternyata pemenang dari cosplay itu adalah tim kera tampan yang nyeritain anime dragon ball. Pemenang pertama ini dapet kesempatan tampil di AFA singapore Desember besok.

semua peserta cosplay competition

semua peserta cosplay competition

juri cosplay dari berbagai negara

juri cosplay dari berbagai negara

Karena setelah itu stage ditutup buat persiapan konser, kita keluar dan mulai jalan jalan, nyari nyari cosplayer yang bisa di ajak foto bareng, dan makan lagi. Karena nggak terlalu laper, akhirnya kita cuma makan takoyaki sama okonomiyaki yang kita share. Sekitar jam 4 temenku masuk lagi ke stage buat nonton konser. Dan aku lanjut muter-muter bentar nyari oleh-oleh buat adek yang akhirnya cuma gantungan kunci. Sekitar jam 5 aku akhirnya balik ke Tangerang

with kamen rider gaim, kachidoki arms

with kamen rider gaim, kachidoki arms

kamen rider gaim, full set. kudu nabung ekstra buat bawa pulang ini

kamen rider gaim, full set. kudu nabung ekstra buat bawa pulang ini

DSC_0129

DSC_0136

danny choo, pose bareng mirai smart doll. jangan tanya harga tu boneka ya, karena bisa bikin syok

akhirnya bisa motret ini kakek legendaris yang nggak perlu banyak properti udah mirip banget sama yang diperanin

akhirnya bisa motret ini kakek legendaris yang nggak perlu banyak properti udah mirip banget sama yang diperanin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s