Trip to Gunung Gede

Standar

Selamat pagi kawan. Bagaimana long weekend kemaren? Seru? Aku juga dong. Hihihi.

Tanggal 3-5 April kemaren memang long weekend, dan sesuai kesepakatan beberapa minggu yang lalu, aku dan temen-temen mau naik ke Gunung Gede. Sempet galau sih antara Gede, Pangrango, atau Prau. Tapi setelah dipertimbangkan masalah jarak dan rute, akhirnya kita pergi ke Gunung Gede.

Naik Gunung Gede dan Pangrango itu nggak sesimpel gunung lain yang tinggal dateng, laporan di beskem, langsung jalan. Kalau disini harus daftar dari jauh-jauh hari via website, terus ngurus simaksi dan lain-lainnya. Dan karena ini long weekend, kuota buat hari Jumat nya udah penuh. Alhasil kita harus puas naik di hari Sabtu-Minggu dengan resiko pulang naik langsung berangkat kerja

Skip skip. Kita sepakat buat kumpul di terminal Kampung Rambutan selepas isya, sekitar jam 7. Tapi berhubung satu dan hal lainnya, kita baru bisa kumpul jam 10 dan berangkat jam 11. Ada banyak bis yang bisa kita naikin, yang penting arahnya ke Cianjur atau Bandung. Kalo mau lewat jalur Cibodas, kita turun di Cibodas. Kalo mau lewat jalur Gunung Putri, kita turun di Cipanas. Tarif bis ini sekitar 25.000. Nanti disana ada banyak angkot yang siap disewa buat naik ke pos pendakian. Masalah harga sih tergantung nego, biasanya kisaran 10.000.

Setelah diskusi dan denger pendapat sana sini, kita memutuskan untuk naik lewat Gunung Putri dan turunnya baru lewat Cibodas. Jadilah kita turun di Cipanas kemudian ngangkot sama rombongan nya bang Rahmat, temen yang minjemin kita tenda. Berhubung jalannya memang nggak baik dan muatan yang berat, angkot kita nggak kuat buat sampe di pos pendakian dan harus puas di tiga perempat jalan, yang kemudian dilanjut jalan kaki.

Peta Pendakian Gunung Gede

Peta Pendakian Gunung Gede

Jam menunjukkan pukul 1 pagi, dan kita isi tenaga dulu. Banyak rumah yang berubah jadi warung nasi dan punya kamar untuk disewain ke pendaki yang mau istirahat. Kita mah cukup ngemper di depan rumah orang nunggu subuh baru naik. Jam 5 pagi kita naik ke pos simaksi buat lapor. Sempet agak ribet karena Kang Nunu, orang yang kita hubungi untuk masalah simaksi ini, nggak bisa ditelfon, tapi nggak lama beres juga dan kita diperbolehkan lewat setelah diingetin masalah peraturan. O iya, disini dilarang bawa alat-alat kebersihan yang mengandung detergen yang menghasilkan busa dan ngerusak lingkungan. Kalau pisau sih boleh, sebenernya harus malah.

Jalur Gunung Putri dibuka dengan kebun-kebun yang tertata baik. Ada bawang, wortel, kubis, dan segala sayuran segar lainnya. Track nya masih santai karena memang masih perkebunan. Tapi kemudian mulai menanjak tak ada habisnya. Jalurnya di dominasi oleh hutan dengan pijakan tanah. Jalur ini juga relatif lebih dekat dibanding jalur Cibodas, yaitu 8,5 km ke puncak sedangkan Cibodas 10,5 km ke puncak. Hanya saja memang pemandangannya cukup membosankan dan kalau hujan langsung berubah menjadi genangan lumpur, super licin, dan kalau deras bisa menjadi miniatur sungai karena air mengalir di jalur pendakian. Harus siap cukup banyak air juga karena sumber air hanya ada di alun-alun suryakencana.

Berhubung kita memang super duper nyantai, kita banyak berhenti dan setiap berhenti sering lama. Beberapa kali kita buka bekal dan masak, tidur, dan sempat sekali buka flysheet karena hujan cukup deras. Efeknya, kita menempuh total waktu 12 jam sampai di suryakencana 😀

O iya, waktu itu banyak banget pendaki, ada beberapa penmas juga jadi super duper rame. Tapi akhirnya kita dapet spot gelar tenda yang enak dan nggak terlalu jauh. setelah tenda berdiri dengan selamat, kita para cewek cewek langsung bersih-bersih dan ganti baju sedangkan yang cowok udah siap gelar dapur dan flysheet. Kenyang makan, aku masih sempet ngobrol sebentar sedangkan cewek lain udah melingker di sb masing-masing. Yang pada akhirnya aku juga ikut tepar dan tidur duluan.

Pagi hari, saat nya lihat sunrise. Sebenernya dari sini nggak terlalu kelihatan sih karena timur nya ketutup. Tapi berhubung langit cerah, masih dapet kok semburat merah nya. Selesai menikmati sunrise, foto-foto, bikin video nggak jelas, kita lanjut bikin sarapan. Masakan jadi, waktunya beres-beres dan packing disambi makan yang entah kenapa menurutku super duper lama. Dari ngeluarin isi tenda, ngelipet, masukin barang, rasanya kita semua mendadak lelet. Hahaha.

sarapan ala ala bule. roti gandum bakar, telur orak arik, kornet, keju bakar

sarapan ala ala bule. roti gandum bakar, telur orak arik, kornet, keju bakar

alun alun suryakencana

alun alun suryakencana

Jam 10 kita mulai jalan lagi. Udah jalan kita baru sadar kalo ternyata banyak spot bagus buat foto jadi ya nyandet nyandet deh perjalanannya karena pengen foto sana sini. Sebelum ke puncak, ada sumber air yang bisa kita ambil airnya buat bekal selanjutnya. Perjalanan ke puncak masih tetp didominasi hutan dan tanjakan yang lumayan bikin pegel. Waktu itu sih kita butuh waktu 1-1,5 jam buat sampe puncak. Puncak Gunung Gede termasuk kecil, dan karena rame udah kayak pasar pindah.

DSC_0501

DSC_0514

foto bareng pendaki lain

foto bareng pendaki lain

Disini sebenernya ada kejadian kecil, yaitu temen kita kepisah. Sekitar jam setengah 2, karena udah dua kali bolak balik nyari nggak ketemu juga, kita berasumsi si Daniel ini mungkin udah turun duluan. Sesuai rencana, kita turun lewat jalur Cibodas. Jalurnya bervariasi dari hutan yang banyak pohon buat pegangan dan akar-akar yang bikin lebih gampang napak, sampe tangga batu yang bikin kaki pegel. Nggak ngebayangin deh kalo naik dari sana pegelnya kaya gimana.

Sekitar jam setengah 4 kita sampe kandang badak, tempat camp di jalur Cibodas. Temen-temen cowok langsung nyari info tentang Daniel sedangkan yang cewek masak. Dari hasil nanya sana-sini, katanya Daniel habis makan di warung terus udah turun. Langsung lah kita capcus turun.

Jalur cibodas ini lebih menarik pemandangannya. Sempet nemu air terjun juga disini. Tapi sayang, karena memang banyak pendaki, waktu nyebrang air panas, kita harus antri sampe lebih dari setengah jam. Tips buat yang berkacamata, kalo minus nya masih bisa ditoleransi, mending dilepas aja deh pas nyebrang. Karena uap panas nya bikin kacamata berembun yang efeknya jalan nggak kelihatan dan bisa kepleset dan nyebur di air panas. Tips berikutnya, pake sepatu. Udah pake kaos kaki dan sepatu aja panasnya lumayan bikin sakit, gimana kalo pake sandal dan langsung kena kulit.

DSC_0523 DSC_0531

antrian nyebrang air panas

antrian nyebrang air panas

Sekitar jam 7 kita lepas dari pos air panas dan ngelanjutin perjalanan. Kata temen yang dulu pernah lewat sih sebenernya pemandangannya bagus. Tapi berhubung udah malem ya kita jadi nggak bisa lihat.

Jam 11 malem kita akhirnya sampe di pos pendakian Cibodas dan langsung cari info tentang Daniel. Tapi kata ranger nya sih nggak ada nama Daniel laporan di pos dan handphone nya nggak bisa dihubungi. Setelah mereka denger kronologi ceritanya, kita disuruh buat cek ke pos lentera, tempat pendaki yang sakit dibawa, sekaligus bersih-bersih, makan, dan nenangin diri. Kang nunu masih berusaha bantu cari info dan ngasih beberapa solusi.

Sekitar jam 1, karena belom ada info juga, kita pikir Daniel ini udah langsung pulang Jakarta. Kita siap-siap juga lah buat pulang. Udah ada yang carter angkot, dan aku nyari sandal karena aku tukeran tas sama Daniel jadi barang-barangku disana semua. Pulang beli sandal, tiba-tiba dapet kabar kalo barusan Daniel telfon dan dia baru sampe di pos simaksi. Ternyata kita selisih jalan di puncak. Dia nunggu di bawah puncak, di salah satu cabang jalur, dan dia liat ke bawah. Ya pantes aja nggak ketemu. Ya paling nggak sekarang semua udah bisa pulang dengan selamat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s